Ferry M
Blog Universitas Komputer Indonesia

Apa Itu Bounce Rate?

Apa Itu Bounce Rate?
Setelah saya sudah membaca di beberapa blog lain tentang apa itu Bounce Rate dan mendengar penjelasan tentang Bounce rate dari Dosen saya Pa Sangra. Tapi mungkin tidak ada salahnya jika saya menulis kembali apa itu Bouce Rate dalam versi tulisan saya sendiri.
 
Apa itu Bounce Rate? Bounce Rate adalah suatu nilai dalam persentase yaitu jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog atau website anda setelah membuka sebuah halaman. Dari mana kita bisa tahu angka Bounce Rate tersebut? Kita bisa tahu Bounce Rate blog kita dari tools statistik, contohnya Google Analytics.
 
Jika anda menggunakan Google Analytics maka disana anda akan mendapatkan laporan Bounce Rate anda. Nilainya biasanya berkisar dari 0% hingga 100%. Semakin kecil nilai Bounce Rate berarti semakin bagus karena berarti semakin sedikit pengunjung yang langsung kabur setelah membaca / membuka sebuah halaman di blog anda.
 
Ada beberapa kejadian yaitu pengunjung langsung meninggalkan blog anda setelah membuka satu halaman saja, dalam hal ini yang menjadi penyebab mengapa Bounce Rate meningkat, diantaranya :
  • Pengunjung menekan tombol Back pada browser
  • Pengunjung langsung menutup browser
  • Pengunjung membuka halaman lain dengan mengganti URL
Dan kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apa penyebab pengunjung langsung meninggalkan blog kita setelah membuka satu halaman? Jawabannya tentu ada banyak sekali dan relatif, misalnya : konten dan tampilan yang kurang menarik, loading yang lambat dan berbagai hal lainnya.
 
Tetapi jika Bounce Rate tinggi, bukan berarti isi atau blog kita tidak menarik. Menurut saya, Bounce Rate yang semakin tinggi juga disebabkan oleh pengunjung yang berlangganan mengunjungi blog atau website kita, tetapi hanya membaca atau mampir saja, lalu keluar lagi.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 22 Oktober 12 - 22:25 WIB
Dalam Kategori : BOUNCE, RATE
Dibaca sebanyak : 766 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback